(GFD-2023-12198) [SALAH] Sebanyak 20 Gereja Dibakar dan 200 Gereja Akan Dihancurkan

Sumber: whatsapp.com
Tanggal publish: 28/03/2023

Berita

Beredar sebuah pesan berantai WhatsApp yang menyebutkan akan ada pembakaran sebanyak 20 gereja dan 200 lainnya dihancurkan di Provinsi Olisabang. Pesan tersebut juga meminta kepada penerima untuk disebarkan kembali, dengan narasi sebagai berikut:

Di India 20 gereja dibakar berita hari ini

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, pesan berantai tersebut hanyalah rumor belaka. Informasi yang sama pernah beredar pada tahun 2010, 2018, dan muncul kembali pada tahun ini di tengah masyarakat.

Dilansir dari incontextinternational.org yang merupakan salah satu media di India menjelaskan, bahwa tidak ada tempat seperti Olisabang di India atau di seluruh dunia. Penting juga untuk dicatat bahwa Republik India terdiri dari 28 negara bagian dan tujuh wilayah persatuan, tidak ada “provinsi” seperti itu.

Belum ada laporan dari India tentang ekstremis Buddha yang mengamuk, tentang gereja yang dibakar atau misionaris yang dibunuh. Pada waktu itu kondisi gereja India memang menghadapi tingkat ancaman tertentu dari para ekstremis serta banyak misionaris yang bekerja di negara itu untuk menjangkau India yang belum terjangkau.

Dengan demikian, informasi terkait pembakaran 20 gereja dan 20 dihancurkan adalah informasi yang salah, sehingga masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Informasi yang sama pernah beredar pada tahun 2010, 2018, dan muncul kembali pada tahun ini di tengah masyarakat. Tidak ada tempat seperti Olisabang di India atau di seluruh dunia.

Rujukan