(GFD-2023-12140) [SALAH] DENSUS TEMUKAN 2 BOM BUNUH DIRI SAAT GREBEK RUMAH ANIES

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 25/03/2023

Berita

RUMAH ANIES DIGREBEK DENSUS, 2 PAKET B0M BUNUH DIRI BERHASIL DI TEMUKAN

Hasil Cek Fakta

Beredar video dari channel youtube BENTENG ISTANA dengan narasi yang mengklaim bahwa Densus 88 menggerebek rumah Anies Baswedan dan dalam penggerebekan tersebut ditemukan dua paket bom bunuh diri.

Setelah dilakukan penelusuran, isi dalam video tersebut sama sekali tidak menampilkan bahwa Densus 88 menggerebek rumah Anies. Video tersebut hanya menampilkan beberapa cuplikan video kegiatan Anies Baswedan.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari seword.com berjudul “Lagi! Relawan Anies Hina Tradisi Indonesia, Waspada Modus Baru Teroris HTI, FPI dan ISIS” yang tayang pada 12 Maret 2023.

Thumbnail dalam video tersebut identik dengan foto yang diunggah oleh suaraindonesia.co.id pada 9 November 2021 dengan judul “Densus 88 Geledah Rumah Mewah di Sumenep Madura”.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Densus 88 menggerebek rumah Anies Baswedan dan dalam penggerebekan tersebut ditemukan dua paket bom bunuh diri tidak gterbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak terdapat informasi bahwa Rumah Anies digerebek Densus 88 dan ditemukannya dua paket bom bunuh diri.

Rujukan