(GFD-2023-12128) [SALAH] Video “HARI NERAKA BAGI MALAYSIA BAGIAN BARAT – MALAYSIA – UCRANIA”

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 22/03/2023

Berita

NARASI: “HARI NERAKA BAGI MALAYSIA BAGIAN BARAT – MALAYSIA – UCRANIA – DUNIA MILITER UPDATE – BERITA TERKINI”.

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: isi video TIDAK sesuai dengan judul. Selain berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan konflik Ukraina dengan Rusia menjadi Indonesia dengan Malaysia.

Salah satu sumber video dengan bagian yang identik, KOMPASTV di YouTube: “JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo menceritakan bahwa ia dan keluarga pernah merasa tidak nyaman atas kehadiran Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada awal menjabat sebagai Presiden. …”

Salah satu sumber artikel yang dibaca di video dengan mengganti bagian-bagian tertentu, CNN Indonesia: “Jakarta, CNN Indonesia — Staf Umum militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia bersiap menyerang kota-kota di Donetsk, setelah Kremlin berhasil menguasai Kota Lysychansk, Luhansk. “Di arah Sloviansk, unit musuh sedang berupaya menguasai permukiman di Bohorodychne, Mazanivka, dan Dolyna dalam operasi penyerangan,” demikian pernyataan militer Ukraina pada Senin (4/7). Ketiga wilayah tersebut berada di wilayah Donetsk. …”

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “Presiden Jokowi Sempat Risih Diikuti Paspampres”

Kesimpulan

MENYESATKAN, isi video TIDAK sesuai dengan judul. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan konflik Ukraina dengan Rusia menjadi Indonesia dengan Malaysia.

Rujukan