(GFD-2023-12080) Cek Fakta: Tidak Benar Jokowi Janji Akan Lunasi Semua Utang Negara Jika Menjabat 1 Periode Lagi

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 16/03/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial posting-an artikel yang mengklaim Jokowi berjanji akan lunasi semua utang negara bila menjabat satu periode lagi. Posting-an itu beredar sejak beberapa waktu lalu.
Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mem-postingnya pada 18 Desember 2023.
Dalam postingannya terdapat artikel berjudul: "Jokowi Berjanji: 1 Periode Lagi Seluruh Hutang Negara Indonesia Akan Lunas. Si Lidah Karet."
Akun itu menambahkan narasi:
"MUNDUR SAJALAH SEGALA SESUATU YG KELEWAT BATAS ITU TIDAK BAIK BUAT DIRI SENDIRI ATAU PUN BUAT BANGSA DAN NEGARA"
Lalu benarkah postingan artikel yang mengklaim Jokowi berjanji akan lunasi semua utang negara bila menjabat satu periode lagi?

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel yang identik dengan posting-an. Artikel itu diunggah oleh CNBC.com pada 1 Juni 2022.
Namun dalam artikel asli berjudul "Jokowi Pergi ke Ende Pakai Pesawat Ini, Biasa Dipake JK Dulu". Kesamaan terdapat pada foto yang diunggah yakni Presiden Jokowi saat mendarat dan bertemu Gubernur NTT Viktor Laiskodat.
Berikut isi artikelnya:
"Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat ke Ende, NTT pada Selasa (31/5) untuk melakukan kunjungan kerja. Kepala negara menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 di Lapangan Pancasila di Kabupaten Ende pada hari ini, Rabu (1/6).
Uniknya, Jokowi menggunakan pesawat yang berbeda dalam lawatannya kali ini. Biasanya Ia mendapat fasilitas Boeing Business Jet 2 (BBJ2), tapi kali ini Ia lebih memilih untuk menggunakan British Aerospace RJ 85 (BAe-RJ 85) atau biasa disebut RJ-85.
Bukan kali pertama Jokowi menggunakan pesawat ini dalam kunker. Sebelumnya, Ia juga pergi ke Jawa Timur pada 20 April 2022 lalu menggunakan pesawat ini.
Menarik mundur ke belakang, kunker Presiden Jokowi ke Batam, Kepulauan Riau dan Tapanuli Tengah, Sumatra Utara pada 2017 silam juga menggunakan pesawat ini.
Salah satu alasannya kala itu karena kunjungan ke titik di Tapanuli Tengah, landasan pacu (runway) yang tersedia juga tidak memadai untuk ukuran Pesawat Kepresidenan BBJ.
Selain Jokowi, Wakil Presiden ke 10 dan 12 RI Jusuf Kalla juga kerap menggunakan pesawat ini. Kemudian Wapres RI saat ini Ma'ruf Amin juga melakukan langkah yang sama. Bahkan Ia pernah mendapat kejutan ulang tahun ke-77 pada tahun 2020 lalu.
Namun, pesawat RJ-85 pernah menimbulkan polemik karena dicat ulang pada masa pandemi Covid-19, yakni warna merah dan putih. Penggunaan warna merah dan putih sebagai representasi dari patriotisme dan nasionalisme.
Pengecatan ulang pesawat kepresidenan menjadi sorotan publik karena dianggap sebagai hal yang tidak penting di masa pandemi Covid-19."

Kesimpulan


Postingan artikel yang mengklaim Jokowi berjanji akan lunasi semua utang negara bila menjabat satu periode lagi adalah tidak benar. Faktanya judul dalam artikel telah diedit.

Rujukan