(GFD-2023-12006) Cek Fakta: Hoaks Poster Lowongan Kerja Petugas Haji Tahun 2023

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 07/03/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan poster lowongan kerja petugas haji tahun 2023. Postingan itu beredar sejak beberapa pekan lalu.
Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 5 Maret 2023.
Dalam postingannya terdapat poster dengan logo Kementerian Agama (Kemenag) berjudul "Lowongan Kerja Petugas Haji Tahun 2023"
Beberapa posisi disebutkan dalam poster lowongan tersebut seperti pendamping, tenaga administrasi, pengemudi, hingga pendukung logistik.
Sementara kualifikasi yang dibutuhkan adalah pria atau wanita berusia 18 tahun dengan minimal pendidikan SMA dan sehat jasmani rohani.
Di dalam poster itu disebutkan informasi bisa dilihat di www.lokerblog.com.
Lalu benarkah postingan poster lowongan kerja petugas haji tahun 2023?

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan membuka akun resmi Kementerian Agama di Twitter, @Kemenag_RI yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.
Di sana terdapat cuitan pada tanggal 28 Februari 2023 yang membantah postingan poster yang beredar.
Dalam cuitan itu akun Kemenag menandai poster yang beredar dengan label hoaks. Cuitan itu disertai narasi "Ini hoaks ya!"
Selanjutnya penelusuran dilanjutkan dengan membuka website haji.kemenag.go.id. Di sana ditemukan artikel berjudul "Seleksi Petugas Haji 2023 Dibuka, Penguasaan IT Syarat Utama" yang diunggah pada 5 Januari 2023.
Direktur Bina Haji Ditjen PHU Arsad Hidayat menyebutkan Rekrutmen petugas haji dilakukan secara berjenjang. Untuk petugas kloter dan PPIH tingkat kabupaten/kota, pendaftaran dibuka mulai 6-13 Januari 2023.
Selain itu pendaftaran dilakukan sepenuhnya secara online agar lebih mudah dan transparan. Peserta mendaftar melalui Pusaka Super Apps Kementerian Agama pada menu Pendaftaran Petugas Haji. Pusaka Super Apps Kemenag bisa didownload melalui iOS dan Playstore.
Pengumuman sendiri telah dilakukan pada 24 Januari 2023.

Kesimpulan


Postingan poster lowongan kerja petugas haji tahun 2023 adalah hoaks. Faktanya lowongan kerja petugas haji telah ditutup sejak Januari 2023 lalu.

Rujukan