(GFD-2023-11987) [SALAH] Gelombang Dahsyat Menghancurkan Laut Selatan Jabar-DIJ

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 24/02/2023

Berita

Berita hari ini! Gelombang Dahsyat Obrak Abrik Wilayah Ini Hingga Tak Tersisa

Hasil Cek Fakta

Pada Kamis, 16 Februari 2023 sebuah channel youtube dengan nama CCTV Bencana (https://www.youtube.com/@Cctvbencana12) mengunggah sebuah konten dengan klaim adanya gelombang dahsyat yang menghancukan wilayah laut selatan Jabar-Daerah Istimewa Jogjakarta hingga tak tersisa yang disebabkan oleh angin musim baratan.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, apa yang disampaikan narator mengenai bencana alam gelombang tinggi yang menyapu habis laut wilayah selatan Jabar-DIJ pada bulan Februari 2023 tersebut tidaklah benar sebab di dalam narasi tersebut hanya menyampaikan terkait dugaan BMKG terkait bencana gelombang tinggi di wilayah selatan Jabar-DIJ pada tanggal 15-17 Februari 2023 seperti yang dikutip pada rctiplus.com yang diunggah pada Rabu, 15 Februari 2023 sehingga klaim mengenai gelombang dahsyat yang menghancurkan beberapa wilayah di Indonesia tersebut terbukti tidak benar.

Selain itu, potongan video-video yang digunakan di dalam konten tersebut juga sebetulnya bukanlah rekaman asli dari gelombang tinggi di wilayah laut selatan Jabar-DIJ. Contohnya saja seperti video yang diunggah oleh channel youtube Jazz Belongs (https://www.youtube.com/@jazzbelongs) pada 19 Desember 2021 yang merupakan dokumentasinya mengenai ombak Samudera Pasifik saat berlayar menuju Filipina.

Kesimpulan

Video dengan klaim gelombang dahsyat telah menghancurkan laut selatan Jawa Barat hingga Daerah Istimewa Jogjakarta merupakan konten dengan kategori konten yang dimanipulasi sebab informasi asli dimanipulasi untuk menipu masyarakat.

Rujukan