(GFD-2023-11935) [SALAH] “Imam di Turki mencium tangan anjing yang menyelamatkan 3 orang yang tersangkut di puing-puing”

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 20/02/2023

Berita

NARASI : “Foto ini adalah beberapa foto langka terbaik yang pernah saya lihat. Ini adalah masjid Imam e Jamia di Turki yang mencium tangan anjing yang menyelamatkan dan menyelamatkan nyawa 3 orang yang terjerat puing-puing. Baris terakhir bertema “menjadi laki-laki saja tidak masalah, yang penting pelayanan tulus, tidak peduli oleh siapa”. (Google Translate).

“This pic is some of those best rare pics I’ve ever seen. This is Imam e Jamia mosque in Turkey kissing hand of the dog which rescued and saved lives of 3 people tangled in debris. Last line is the theme “only being a man doesn’t matter, what matters is sincere service, no matter by whom”.” (Bahasa asli, English).

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menyebabkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: foto yang dibagikan adalah hasil SUNTINGAN. Salah satu foto ASLI sudah dipublikasikan sebelumnya pada tahun 2011, sehingga TIDAK BERKAITAN dengan gempa bumi Turki baru-baru ini (2023).

Salah satu foto ASLI yang dipublikasikan sebelumnya pada tahun 2011, Grupa ZPR Media pada 27/10/2011: “The mission of an animal pastor – as Tomasz Jaeschke says about himself – is one: to bless animals. Once, for six years, he celebrated masses for people, but after taking off his cassock, he did not depart from God.” (Google Translate)

Artikel periksa fakta oleh Fars News pada tahun 2016: “According to Fars, the above claim about “kissing the hand of a dog that saved the lives of 3 people from the rubble of an earthquake by the imam of a city in Turkey” is not true. In addition, the above image is obtained by merging different images” (Google Translate)

Kesimpulan

Foto yang dibagikan adalah hasil SUNTINGAN. FAKTA: salah satu foto ASLI sudah dipublikasikan sebelumnya pada tahun 2011, sehingga TIDAK BERKAITAN dengan gempa bumi Turki baru-baru ini (2023).

Rujukan