(GFD-2023-11921) [SALAH] Indonesia Ambil Alih Wilayah China

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 24/02/2023

Berita

Channel YouTube KABAR HARIAN (https://www.youtube.com/@kabarharian4810) pada 19 Februari 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Bendera Merah Putih kembali berkibar bebas di atas kota Guangxi, China, setelah pasukan Jerman mundur dari wilayah tersebut. Dalam narasi disebutkan bahwa wilayah Guangxi merupakan wilayah perang antara TNI dan sekutu melawan pasukan China-Jerman.

Hasil Cek Fakta

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narasi yang dibacakan dalam unggahan tersebut merupakan hasil suntingan dari beberapa sumber yang berbeda.

Pada narasi yang menyebutkan bahwa Indonesia mengusir duta besar dan menurunkan hubungan diplomatik dengan China merupakan hasil suntingan dari artikel milik tempo.co id (https://www.tempo.co/) yang telah diunggah pada 10 Januari 2023. Dalam artikel yang berjudul “Delegasi Jerman dan Lithuania di Taiwan, Cina Gelar Manuver Militer” tertulis bahwa China-lah yang mengusir duta besar dan menurunkan hubungan diplomatik dengan Lituania, bukan Indonesia yang mengusir duta besar China seperti yang dinarasikan pada video.

Selain itu, narasi yang menyebutkan bahwa pemindahan pasukan TNI ke Guangxi telah selesai pada pagi hari merupakan hasil suntingan dari artikel milik voi.id (https://voi.id/). Dalam artikel asli berjudul “Kementerian Pertahanan Rusia: Penarikan Tentara Selesai Jam 5 Pagi, Tidak Ada Peralatan dan Persenjataan Tertinggal” yang telah diunggah pada 11 November 2022, tertulis bahwa pasukan Rusia-lah yang telah dipindahkan ke tepi timur Dnipro, bukan pasukan TNI yang dipindahkan ke Guangxi.

Kesimpulan

Unggahan video dengan klaim bahwa Bendera Merah Putih kembali berkibar di Kota Guangxi setelah TNI berhasil melawan pasukan China dan Jerman adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya, narasi yang dibacakan dalam video tersebut diambil dari beberapa sumber yang berbeda.

Rujukan