(GFD-2023-11905) [SALAH] Tanaman Berbuah Telur Ayam

Sumber: FACEBOOK
Tanggal publish: 23/02/2023

Berita

“Di Kuwait, tanaman berbuah telur”

Hasil Cek Fakta

Di Facebook beredar video yang pada video tersebut membawa sebuah klaim bahwa di Kuwait terdapat tanaman yang menghasilkan telur layaknya telur ayam yang ketika dibelah akan mengeluarkan isian telur pada umumnya.

Setelah dilakukan penelusuran, rupanya tanaman yang ada dalam video tersebut merupakan tanaman Japanese White Eggplant. Tanaman ini adalah tanaman terong yang secara botani diklasifikasikan sebagai Solanum melongena, adalah bagian dari Solanaceae, atau famili nightshade bersama dengan kentang, tomat, dan paprika.

Dari hasil penelusuran lainnya pun juga terdapat video tentang seseorang yang mengolah terong putih tersebut, dalam video tersebut kita akan mendapatkan informasi bagaimana jika terong putih ini dibelah, dan hasilnya ternyata ketika terong tersebut dibelah maka bentuk bagian dalamnya tetap berbentuk seperti terong pada umumnya, tidak berubah menjadi isian telur ayam seperti yang unggahan Facebook itu tunjukan.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Video tersebut merupakan hasil editan, karena tanaman tersebut merupakan tanaman terong asal Jepang yang memiliki bentuk mirip telur yang ketika dibelah maka tidak akan mengeluarkan isian telur seperti yang ada pada video tersebut.

Rujukan