(GFD-2023-11870) 10 Kota di Indonesia Hancur Total Akibat Gempa Bumi

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 24/02/2023

Berita

10 Kota Hancur Total Akibat Dahsyatnya Guncangan Gempa ini!

Hasil Cek Fakta

Pada 4 Februari sebuah channel youtube dengan nama CCTV Bencana (https://www.youtube.com/@Cctvbencana12) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa terdapat 10 kota di Indonesia yang hancur total akibat adanya guncangan gempa bumi.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, apa yang disampaikan oleh pengunggah tidak sesuai dengan klaim judul yang disampaikan. Sebab, pengunggah hanyalah menyampaikan kejadian gempa di 2 lokasi saja, kota Jayapura serta Lhoksumawe. Di dalam narasi sendiri disampaikan terkait gempa bumi yang melanda kota Jayapura dengan gempa berkekuatan magnitude 3.5 yang mana tidak menimbulkan kerusakan fatal serta korban jiwa. Selain itu, dijelaskan pula mengenai gempa yang melanda Lhoksumawe dengan kekuatan sebesar magnitude 4.0.

Tak hanya itu, video-video yang digunakan di dalam unggahan tersebut pun tidak sesuai dengan judul klaim yang diberikan sebab potongan video yang digunakan merupakan gabungan dari bencana alam gempa bumi yang melanda wilayah lain. Contohnya saja seperti video rekaman yang diunggah oleh Veli Ogretmeni (https://www.youtube.com/@veliogretmeni5888) pada 27 Januari 2020 yang merupakan video rekaman gempa bumi di Jepang dengan kekuatan 9.0

Kesimpulan

Video dengan klaim hancurnya 10 kota di Indonesia akibat gempa bumi yang mengguncang wilayah tersebut adalah konten dengan kategori koneksi yang salah dikarenakan judul atau keterangan video tidak sesuai dengan isi konten.

Rujukan