(GFD-2023-11752) [SALAH] NGERI !! CHINA BERHASIL OBRAK-ABRIK MILITER INDONESIA

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 13/02/2023

Berita

Akun Youtube GLOBAL NEWS mengunggah video dengan judul: “NGERI !! CHINA BERHASIL OBRAK-ABRIK MILITER INDONESIA” pada tanggal 29 Januari 2023. Dalam video disebutkan bahwa Presiden Jokowi menarik pasukan dari tepi kanan Guangxi setelah mendengar kondisi pasukan yang kewalahan dan mendapat serangan bertubi-tubi dari pihak China.

Hasil Cek Fakta

Penelusuran menunjukkan bahwa video yang ditampilkan merupakan hasil editan kumpulan beberapa video latihan perang dan pidato Presiden Jokowi. Video pertama yang ditampilkan adalah video latihan tempur Kartika Yudha 2020, di Pusat Latihan Tempur Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat, Kodiklat AD, Baturaja Sumatera Selatan. Video tersebut diunggah oleh akun Youtube KOMPASTV pada tangggal 28 November 2020 dengan judul “TNI AD Latihan Tempur Di Batu Raja Sumsel”.

Video kedua yang ditampilkan adalah video yang identik dengan liputan latihan tempur Kartika Yudha tahun 2020. Liputan latihan tempur tersebut diunggah oleh akun Youtube BeritaSatu pada tanggal 27 November 2020 dengan judul “TNI AD Gelar Latihan Tempur Kartika Yudha 2020”.

Video ketiga yang ditampilkan adalah video pidato Presiden Jokowi pada Sidang Majelis Umum ke-76 PBB, 23 September 2021 yang diunggah oleh akun Youtube resmi Sekretariat Presiden. Presiden Jokowi menyampaikan Pandangan Soal Pandemi hingga Perdamaian Dunia dalam pidato tersebut. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa tidak ada pertempuran antara tentara Indonesia dengan China di Guangxi seperti yang disampaikan dalam video.

Kesimpulan

Konten yang dimanipulasi. Konten merupakan editan dari video latihan tempur Kartika Yudha TNI AD di Baturaja dan pidato Presiden Jokowi pada Sidang Majelis Umum PBB ke-76 PBB. Tidak ada pertempuran antara tentara Indonesia dan China seperti yang disampaikan dalam video.

Rujukan