(GFD-2023-11749) Cek Fakta: Hoaks Foto Presiden Jokowi Doyan Makan Daging Babi

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 13/02/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto yang mengklaim Presiden Jokowi doyan makan daging babi. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.
Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 28 Januari 2023.
Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi dengan gambar daging babi di hadapannya. Foto itu disertai narasi "Ternyata Jokowi doyan makan daging babi."
Selain itu akun tersebut menambahkan narasi "Gak heran dech kalau si Mukidi itu doyan banget makan Daging Babi, La wong Dia itu keturunan dari Orang China kok, lebih tepatnya Orang China Komunis Laten."
Lalu benarkah postingan foto yang mengklaim Presiden Jokowi doyan makan daging babi?

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan foto yang identik dengan postingan. Foto itu diunggah di website presidenri.go.id pada 30 Januari 2020 dengan judul "Presiden Hadiri Perayaan Imlek Nasional 2020".
Dalam foto tersebut terdapat kesamaan baju berwarna merah yang dipakai Presiden Jokowi dan seorang pria memakai baju berwarna hitam memegang mic.
Namun dalam foto tersebut tidak ada gambar daging babi seperti dalam postingan. Di hadapan Presiden Jokowi hanya terdapat kue keranjang.
Foto yang sama juga diunggah oleh akun Twitter Sekretariat Negara, @KemensetnegRI pada 30 Januari 2020.
Berikut postingannya:
 

Kesimpulan


Postingan foto yang mengklaim Presiden Jokowi doyan makan daging babi adalah tidak benar. Faktanya foto dalam postingan telah diedit.

Rujukan