(GFD-2023-11743) [SALAH] Foto “spanduk tahun 2003 Warga Nahdliyin Rindu Khilafah”

Sumber: Twitter.com
Tanggal publish: 12/02/2023

Berita

Akun Twitter Pemburu Kebenaran (twitter.com/Mencaricinta99) pada 8 Februari 2023 mengunggah sebuah gambar yang terdapat spanduk yang bertuliskan “WARGA NAHDLIYIN RINDU KHILAFAH” dan logo NU (Nahdlatul Ulama) serta tulisan “Nemu foto thn 2003 sebelum SAS jadi ketua PBNU. Ayoo podho melek NU sing manut mbah Hasyim kwi iki do matla’ah ben ngerti !!” dengan narasi sebagai berikut:

“Saat itu NU belum di rasuki orang orang Munafik yg merusaknya dari dalamnya secara perlahan sistematis dan terstruktur.”

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya gambar yang terdapat spanduk yang bertuliskan “WARGA NAHDLIYIN RINDU KHILAFAH” dan logo NU (Nahdlatul Ulama) yang diklaim sebagai foto tahun 2023 saat NU belum dimasuki orang-orang munafik merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, spanduk itu bukan milik NU. Foto tersebut diambil pada saat Konferensi Khilafah Internasional di Stadion Gelora Bung Karno tahun 2007 bukan 2003. Tidak ada perwakilan PBNU yang menghadiri Konferensi Khilafah Internasional pada 2007.

Gambar tersebut pernah di periksa faktanya oleh turnbackhoax.id pada pada tanggal 13 November 2019. Melalui artikel berjudul ‘[SALAH] Spanduk “Warga Nahdliyin Rindu Khilafah” Milik NU’ dijelaskan bahwa foto spanduk tersebut diambil pada saat Konferensi Khilafah Internasional di Stadion Gelora Bung Karno tanggal 12 Agustus 2007.

Dilansir dari antaranews.com diketahui panitia penyelenggara acara pada saat itu adalah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dengan diikuti sekitar 100 ribu peserta. Juru bicara HTI Muhammad Ismail Yusanto kala itu menyebutkan konferensi tersebut turut serta mengundang peserta dari luar negeri seperti Australia, Singapura, Malaysia, Jepang, Inggris dan Denmark.

Sementara itu dikutip dari Tempo.co yang menghubungi Sekretaris Jenderal Pengurus Besar NU pada tahun 2019, Helmy Faishal Zaini, untuk mengkonfirmasi kebenaran gambar tersebut. Beliau menegaskan spanduk yang bertuliskan “Warga Nahdliyin Rindu Khilafah” itu hanya mencatut nama warga NU namun bukan resmi keluaran NU.

Kesimpulan

Spanduk itu bukan milik NU. Foto tersebut diambil pada saat Konferensi Khilafah Internasional di Stadion Gelora Bung Karno tahun 2007 bukan 2003. Tidak ada perwakilan PBNU yang menghadiri Konferensi Khilafah Internasional pada 2007.

Rujukan