(GFD-2023-11675) [SALAH] “Lembar Tagihan BPJS Kesehatan dalam Format APK”

Sumber: Whatsapp.com
Tanggal publish: 31/01/2023

Berita

Beredar pesan WhatsApp terkait informasi tagihan peserta BPJS Kesehatan yang disertai lampiran dokumen dengan format Android Package Kit (APK) dengan nama “LEMBAR TAGIHAN Instal.apk”

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya informasi tagihan peserta BPJS Kesehatan yang disertai lampiran dokumen dengan format Android Package Kit (APK) dengan nama “LEMBAR TAGIHAN Instal.apk” merupakan konten tiruan.

Faktanya, BPJS Kesehatan memastikan tidak pernah menagih peserta atau masyarakat dalam bentuk APK tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, BPJS Kesehatan mengingatkan kepada masyarakat agar terhindar dari berbagai modus penipuan yang mencatut BPJS Kesehatan. Terbaru, modus penipuan dilakukan melalui pesan berisikan tagihan BPJS Kesehatan yang dikirimkan kepada masyarakat.

“Selain itu, jika sobat mendapatkan pesan berupa informasi tunggakan BPJS Kesehatan dan disertai dengan lampiran berupa aplikasi atau APK atau juga link, jangan dibuka dan jangan diinstal. BPJS Kesehatan hanya memberikan pesan pengingat tunggakan tanpa disertai lampiran file seperti yang disebutkan,” ujar tim BPJS Kesehatan melalui akun TikTok @bpjskesehatan_ri, Senin (30/1/2023).

Kesimpulan

BPJS Kesehatan memastikan tidak pernah menagih peserta atau masyarakat dalam bentuk APK tersebut.

Rujukan