(GFD-2023-11669) [SALAH] REKRUTMEN OLEH PT PERTAMINA JANUARI 2023

Sumber: Tangkapan Layar Surat
Tanggal publish: 31/01/2023

Berita

Sebuah akun Twitter membagikan tangkapan layar kertas surat berisi informasi seputar rekrutmen kerja yang diadakan oleh PT Pertamina dengan tanggal 30 dan 31 Januari 2023. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon pegawai yang mendapatkan surat tersebut di antaranya adalah surat vaksin, KTP, dan pas foto.

Hasil Cek Fakta

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, diketahui jika informasi rekrutmen kerja tersebut palsu. Melansir dari akun Twitter resmi PT Pertamina @pertamina, dinyatakan jika ssurat panggilan calon pegawai tersebut bukan surat resmi yang berasal dari PT Pertamina alias surat palsu.

“Hai, Sobat

@aryasekarr

. Kami sampaikan terkait informasi surat panggilan calon karyawan tersebut tidak resmi dari Pertamina dan terdapat indikasi penipuan. Mohon dapat diabaikan dan berhati-hati terhadap pihak yang mengatasnamakan Pertamina. Terima kasih.” jelas PT Pertamina pada laman Twitternya.

Berdasar seluruh referensi, informasi seputar rekrutmen kerja PT Pertamina Januari 2023 adalah tidak benar. Informasi rekrutmen tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

Kesimpulan

PT Pertamina melalui platform media sosial resminya menyatakan informasi tersebut PALSU.

Rujukan