(GFD-2023-11664) [SALAH] “Banten hari ini bersama Bang Anies”

Sumber: twitter.com
Tanggal publish: 29/01/2023

Berita

NARASI: “Yuk bergabung dgn Gelombang besar koalisi Perubahan menyongsong indonesia yg lbh baik..Banten hari ini bersama Bang Anies 👍🏼✊🏼🤗”.

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan video dengan narasi yang konteksnya TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menyebabkan kesimpulan yang SALAH. FAKTA: TIDAK berkaitan dengan acara Anies Baswedan di Banten. Video yang dibagikan adalah rekaman acara Jamda (Jambore Daerah) ke 3 YRKI (Yamaha RX-King Indonesia) pada tanggal 7 sampai 9 Oktober 2022 lalu yang dilaksanakan di Area Parkir Stadion Maguwoharjo Yogyakarta.

Salah satu rekaman dengan sudut pandang yang sedikit berbeda, Ibnu zig-zag di YouTube: “Indonesia Pusaka Rx king Di Jamda 3 YRKI DIY Jogja

Di pelintiran yang sebelumnya dinarasikan bahwa video adalah rekaman acara perpisahan, artikel periksa fakta yang sebelumnya di turnbackhoax.id: “BUKAN acara perpisahan Anies Baswedan, FAKTA: video yang dibagikan adalah rekaman acara Jamda (Jambore Daerah) ke 3 YRKI (Yamaha RX-King Indonesia) pada tanggal 7 sampai 9 Oktober lalu yang dilaksanakan di Area Parkir Stadion Maguwoharjo Yogyakarta.”

Hasil pencarian Google – News, kata kunci: “anies baswedan banten”.

Kesimpulan

TIDAK berkaitan dengan acara Anies Baswedan di Banten. FAKTA: video yang dibagikan adalah rekaman acara Jamda (Jambore Daerah) ke 3 YRKI (Yamaha RX-King Indonesia) pada tanggal 7 sampai 9 Oktober 2022 lalu yang dilaksanakan di Area Parkir Stadion Maguwoharjo Yogyakarta.

Rujukan