(GFD-2023-11648) [SALAH] Prabowo Bantu Jokowi Lawan Eropa

Sumber: Facebook
Tanggal publish: 31/01/2023

Berita

“Bantu Jokowi lawan Eropa! Prabowo siapkan 44 kapal perang baru, kapal induk Indonesia….”

Hasil Cek Fakta

Beredar sebuah video Facebook yang mengklaim Prabowo menambah kapal perang untuk membantu Jokowi melawan Eropa. Klaim tersebut tidak benar. Faktanya, Prabowo akan tingkatkan modernisasi 41 kapal perang yang ada saat ini agar lebih canggih mengikuti perkembangan zaman.

Dilansir dari okezone.com, Prabowo terus mendukung pertahanan maritim Indonesia dengan memenuhi alusista yakni menambah jumlah modernisasi kapal perang yang ada. “Dari 41 kapal perang ini, mungkin bisa bertambah menjadi 43 hingga 44 KRI,” kata Prabowo saat memberikan pengarahan kepada jajaran pejabat Eselon I dan II di Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Selasa (3/1).

Tidak ada pernyataan yang menyebutkan bahwa Prabowo menambah kapal perang untuk bantu Jokowi melawan Eropa. Dengan demikian, video klaim Prabowo bantu Jokowi lawan Eropa adalah hoaks kategori konten menyesatkan.

Kesimpulan

Video yang beredar tidak benar. Faktanya, Prabowo menambah 44 kapal siap tempur untuk mendukung pertahan maritim dan meningkatkan modernisasi kapal perang TNI.

Rujukan