(GFD-2023-11613) Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Penangkapan Pelaku Penculik Anak di Cirebon

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 28/01/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto penangkapan pelaku penculikan anak di Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.
Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 26 Januari 2023.
Dalam postingannya terdapat foto beberapa orang anggota kepolisian sedang berdiri dan dua orang sedang duduk memakai masker. Postingan tersebut disertai narasi:
"Penculikan anak sudah tertangkap dua orang, masih ada komplotannya lg yg masih gentayangan,harap waspada buat para orang tua awasi anak2,, mereka nyamar jadi tukang lato2.."
Lalu benarkah postingan foto penangkapan pelaku penculikan anak di Lemahabang, Kabupaten Cirebon?

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan penjelasan dari akun Instagram Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon, @diskominfokabcirebon yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.
Di sana terdapat postingan terkait penjelasan foto yang beredar di media sosial.
"Itu penangkapan kasus pencurian, bukan penculikan," ujar Kasatreskrim Polresta Cirebon, Kompol Anton.
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan meminta masyarakat untuk tidak langsung menyebarkan informasi yang diterima sebelum mengetahui kebenarannya.
"Penyebaran hoaks seperti ini bisa membuat orang yang tak bersalah menjadi korban. Hati-hati, ada UU ITE, yang membuat dan yang menyebarkan hoaks, bisa mendapatkan ancaman hukuman," ujar Nanan.

Kesimpulan


Postingan foto penangkapan pelaku penculikan anak di Lemahabang, Kabupaten Cirebon adalah tidak benar. Faktanya foto tersebut merupakan penangkapan pelaku pencurian.

Rujukan