(GFD-2023-11457) [SALAH] SURAT EDARAN PENGGALANGAN DANA OLEH DINSOS PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Sumber: Surat Edaran
Tanggal publish: 16/01/2023

Berita

Beredar surat edaran dengan nomor 065/01128/2022, terkait penggalangan donasi bantuan pelunasan pelayanan kesejahteraan sosial ditujukan kepada yayasan atau lembaga oleh Dinas Sosial wilayah Kalimantan Selatan yang ditandatangani oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

Hasil Cek Fakta

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, diketahui jika surat tersebut palsu. Melansir dari kalsel.inews.id pihak Dinas Sosial wilayah Kalimantan Selatan menyatakan jika pihaknya tidak pernah membuat surat seperti halnya yang tengah beredar. Kepala Seksi Pemberdayaan Perorangan, Keluarga dan PSDS Dinsos Kalsel, Rahmat dalam klarifikasinya menyebut jika terdapat beberapa hal janggal yang dilampirkan pada surat.

“Jika dianalisis baik secara substansi maupun tata penulisan surat edaran tersebut seperti redaksi surat, mengartikan singkatan PPKS seharusnya diartikan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial, tapi ini saja sudah salah kaprah,” kata Rahmat

Berdasar pada seluruh referensi, dapat dipastikan jika surat edaran penggalangan dana oleh Dinas Sosial wilayah Kalimantan Selatan tidak sesuai fakta. Surat tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

Kesimpulan

Pihak terkait yakni Dinas Sosial Kalimantan Selatan telah menyatakan jika surat tersebut bukan dibuat oleh pihaknya atau dengan kata lain surat tersebut palsu. Dinsos Kalsel juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap informasi yang mencatut pihaknya.

Rujukan