(GFD-2023-11446) [SALAH] RONALDO CETAK GOL PERDANA DI KLUB AL-NASSR

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 16/01/2023

Berita

GOL PERDANA CRISTIANO RONALDO DI KLUB AL NASSR ARAB SAUDI

Hasil Cek Fakta

Akun youtube gudmudofficial mengunggah sebuah video cuplikan gol yang diklaim bahwa gol tersebut merupakan gol perdana Cristiano Ronaldo di Klub barunya Al-Nassr.

Setelah dilakukan penelurusan, Ronaldo sama sekali belum melakoni debut bersama Al-Nassr. Ronaldo sendiri akan melakoni debutnya ketika Al-Nassr menjamu Ettifaq pada 21 Januari 2023 mendatang karena masih menjalani hukuman dua pertandingan yang ia dapatkan ketika masih membela Manchester United.

Video dalam klaim tersebut merupakan video saat Cristiano Ronaldo masih membela Juventus. Saat itu Ronaldo mencetak gol ke 3 Juventus yang akhirnya dianulir dalam laga melawan Udinese yang berakhir dengan skor 2-2 pada Agustus 2021.
Video tersebut diunggah oleh channel youtube resmi serie A dengan judul "Udinese 2-2 Juventus | Udinese pull off comeback to surprise Juve! | Serie A 2021/22" pada tanggal 23 Agustus 2021.

Berdasarkan penelusuran, klaim bahwa Ronaldo cetak gol perdana di klub Al-Nassr adalah keliru dan termasuk dalam kategori konteks yang salah.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya gol tersebut merupakan gol Ronaldo ke Gawang Udinese yang dianulir saat masih membela Juventus.

Rujukan