(GFD-2023-11442) [SALAH] Foto Anak SD Di Purwakarta Main Lato-Lato Hingga Bola Mata Pecah, Mata Buta Sebelah

Sumber: WhatsApp
Tanggal publish: 16/01/2023

Berita

”Assalamu’alaikum teman2…mau saling mengingatkan yg pada punya anak main lato-lato di awasin yaa…Ini anak Jalan Gereja Sokanegara SD kelas 3 main lato-lato kena bola mata pecah akhirnya di angkat dan mata buta sebelah”

Hasil Cek Fakta

Beredar story whatsapp menampilkan foto seorang anak berbaring dengan kondisi mata sebelah kanan tertutup perban. Pengunggah mengklaim anak dalam foto mengalami kebutaan akibat bermain lato-lato.

Berdasarkan penelusuran, ternyata foto tersebut adalah hoaks. Dilansir dari Tribunnews.com, Lurah Sokanegara Khalimah Miskia, telah mendatangi SDN Sokanegara 1 dan SDN Sokanegara untuk memastikan kebenaran foto yang beredar. Hasilnya tidak ditemukan anak SD yang diklaim mengalami kebutaan akibat lato-lato.

Terkait foto anak tengah berbaring dengan kondisi mata ditutup sebelah, belum ada infomasi yang pasti tentang kronologi hingga lokasi kejadian.

Kesimpulan

Informasi tidak benar. Berdasarkan keterangan Lurah Sokanegara, tidak ada warganya yang mengalami kebutaan akibat lato-lato. Foto yang beredar belum diketahui sumber aslinya.

Rujukan