(GFD-2023-11391) [SALAH] Video “Australia keok gak mampu hadapi Indonesia, minta bantuan ke iran”

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 03/01/2023

Berita

NARASI: “Australia keok gak mampu hadapi Indonesia, minta bantuan ke iran”

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: selain berisi gambar pratinjau (thumbnail) dan potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya hanya berisi pembacaan artikel dengan mengganti bagian-bagian tertentu.

Salah satu sumber gambar pratinjau video, ABC NEWS: “”We have no excuse not to take that path,” Anthony Albanese on the Jenkins review.

Artikel yang dibacakan di video, REPUBLIKA.CO.ID: “Iran telah mengirim unit pasukan khusus tambahan untuk membentengi perbatasan utaranya dengan Irak. Media pemerintah Iran IRNA melaporkan pada Jumat (25/11/2022), pengerahan terbaru itu dilakukan dalam menahan infiltrasi oleh kelompok oposisi Kurdistan.” (dengan mengganti beberapa bagian artikel)

Salah satu sumber dari salah satu potongan video yang digunakan, Al Hadath: “The leaked Iranian documents reveal the expansion of #طهران influence in #العراق to #كردستان region… Details?” (Google Translate) (di sekitar menit 2:32)

Kesimpulan

MENYESATKAN. FAKTA: selain berisi gambar pratinjau (thumbnail) dan potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya hanya berisi pembacaan artikel dengan mengganti bagian-bagian tertentu.

Rujukan