(GFD-2022-11303) Cek Fakta: Tidak Benar KAI Bagikan Subsidi Rp 7 Juta untuk Peringati Ulang Tahun ke-77

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 31/12/2022

Berita


Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT KAI bagikan subsidi Rp 7 juta dari pemerintah untuk memperingati ulang tahun ke-77. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.
Informasi PT KAI bagikan subsidi Rp 7 juta dari pemerintah untuk memperingati ulang tahun ke-77 berupa tautan sebagai berikut.
"http://reunionconcession.cn/KAIWS/tb.php?qv=kd1672327978260"
Jika diklik maka tautan tersebut mengarah pada halaman situs yang berisi pada kalimat berikut.
"šŸŽ‰KAI 77th Anniversary Government Subsidy!šŸŽŠ
31 December, 2022Congratulations!
KAI 77th Anniversary Government Subsidy!
Through the questionnaire, you will have a chance to get 7000000 Rupiah ."
Benarkah informasi PT KAI bagikan subsidi Rp 7 juta dari pemerintah untuk memperingati ulang tahun ke-77? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuriĀ informasi PT KAI bagikan subsidi Rp 7 juta dari pemerintah untuk memperingati ulang tahun ke-77, dalam artikel berjudul "Hoaks Pembagian Hadiah Jadi Modus Kejahatan, PT KAI Ingatkan Masyarakat Tak Mudah Tergiur" yang dimuat situsĀ liputan6.com,Ā PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah tergiur dengan informasi pembagian hadiah, sebab hal tersebutĀ hoaksĀ yang menjadi modus penipuan pencurian data atau phishing.
VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap informasi mengatasnamakanĀ PT KAIĀ yang beredar di media sosial dan grup aplikasi percakapan. Sebab merupakan salah satu modus kejahatan scam atau phishing.
"Masyarakat harus tetap waspada, Kemudian juga agar tidak menyebarluaskan informasi pembagian hadiah dalam bentuk link atau tautan yang mencurigakan tersebut," kata Joni, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (12/7/2022).
Link penipuan yang beredar tersebut memiliki alamat seperti http://victorygrease.top, http://barcaptive.top, http://biscuitfabrication.top, http://conceptualcnfide.top, http://flamestaple.top, http://cleansecredential.top, dan lainnya.
Joni meminta masyarakat tidak meng-klik link tersebut dan tidak mengikuti langkah yang disampaikan, bahkan hingga memberikan data ke website tersebut.
ā€œKAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan dengan menyediakan konektivitas melalui transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,ā€ tutur Joni.

Kesimpulan


Hasil penelusuranĀ Cek Fakta Liputan6.com informasi PT KAI bagikan subsidi Rp 7 juta dari pemerintah untuk memperingati ulang tahun ke-77 tidak benar.
PT KAI memintaĀ  agar masyarakat jangan klik link tersebut dan jangan mengikuti langkah yang disampaikan, bahkan hingga memberikan data ke website tersebut. Kemudian juga jangan menyebarluaskan link/ tautan mencurigakan tersebut.