(GFD-2022-11227) Cek Fakta: Tidak Benar Set Top Box Meledak Tewaskan Tiga Orang di Cikande, Tangerang

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 22/12/2022

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang set top box (STB) meledak dan menewaskan tiga orang di Cikande, Tangerang, Banten beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 22 Desember 2022.
Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi kabar bahwa STB meledak dan menewaskan tiga anak-anak di perumahan Cikande.
Selain itu, akun Facebook tersebut juga menampilkan video yang menayangkan sejumlah orang tengah mengevakuasi korban ledakan STB.
"Set Top Box (STB) telah berhasil menemukan tumbalšŸ˜­,
Hati" akan ada tumbal berikutnya jika kita lupa mematikan STB_nya," tulis salah satu akun Facebook.
Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 1 komentar dari warganet.
Benarkah kabar STB meledak dan menewaskan tiga orang di Cikande, Tangerang, Banten? Berikut penelusurannya.
Ā 

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar STB meledak dan menewaskan tiga orang di Cikande, Tangerang, Banten. Hasil penelusuran ditemukan video identik di situs berbagi video YouTube.
Video tersebut berjudul "Tiga Orang Tewas dalam Insiden Kebakaran Tempat Laundry di Tangerang" yang dimuat channel YouTubeĀ Seputar iNews pada 2 Desember 2022.
Berikut gambar tangkapan layarnya.
Video tersebut identik dengan video yang diklaim sebagai STB meledak dan menewaskan tiga orang di Cikande. Padahal, video tersebut merupakan peristiwa kebakaran yang melanda rumah laundry di Cikande.
Peristiwa itu terjadi pada 1 Desember 2022 lalu. Kebaran yang merenggut tiga korban jiwa itu diduga disebabkan korsleting listrik.
Ā 

Kesimpulan


Kabar STB meledak dan menewaskan tiga orang di Cikande, Tangerang, Banten ternyata tidak benar. Faktanya, peristiwa yang menewaskan tiga orang di Cikande bukan akibat ledakan STB, melainkan kebakaran di rumah laundry.
Ā 

Rujukan