(GFD-2022-11222) Cek Fakta: Tidak Benar Foto Penemuan Kerangka Raksasa di Gua Khao Khanap Nam Thailand

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 22/12/2022

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim penemuan kerangka raksasa di Gua Khao Khanap Nam, Thailand beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 20 Desember 2022.
Foto tersebut memperlihatkan seorang turis tengah berfoto di depan fosil kerangka manusia yang berukuran besar. Foto itu kemudian dikaitkan dengan penemuan kerangka raksasa di Gua Khao Khanap Nam, Thailand.
"Unique discovery of Giant Skeleton: Giant skeleton image found in Khao Khanap Nam cave," tulis salah satu akun Facebook.
Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 12 kali dibagikan dan mendapat 9 komentar dari warganet.
Benarkah foto tersebut merupakan penemuan kerangka manusia ua Khao Khanap Nam, Thailand? Berikut penelusurannya.
 

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim penemuan kerangka raksasa di Gua Khao Khanap Nam, Thailand.
Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Taiwan artworks take center stage at Thailand Biennale in Krabi" yang dimuat situs taiwantoday.com pada 6 November 2018 lalu.
Artikel tersebut juga memuat foto identik, yakni kerangka manusia berkuran besar. Berikut gambar tangkapan layarnya:
Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kerangka raksasa itu merupakan karya seni dari seorang seniman Thailand bernama Tu Wei-cheng.
Karya seni tersebut sengaja dibuat untuk dipamerkan pada pameran seni di Thailand pada 2018 lalu. Kerangka raksasa tersebut kemudian mendapatkan izin untuk dipamerkan di Gua Khao Khanap Nam, Thailand.
 

Kesimpulan


Foto yang diklaim penemuan kerangka raksasa di Gua Khao Khanap Nam, Thailand ternyata tidak benar. Faktanya, kerangka raksasa dalam foto tersebut merupakan karya seni karya seniman Thailand bernama Tu Wei-cheng.
 

Rujukan