(GFD-2022-11138) [SALAH] Video "gunung simeru meletus hari ini ( 3 Desember 2022)"

Sumber: Tiktok
Tanggal publish: 13/12/2022

Berita

BERAPAKAH KORBAN ERUPSI GUNUNG SEMERU?

Hasil Cek Fakta

Akun Tiktok bernama "Farel Fahlevi" mengunggah video berdurasi 12 detik memperlihatkan letusan dari sebuah gunung berapi di dekat laut pada malam hari dengan keterangan Gunung Semeru meletus hari ini.
Setelah melakukan penelusuran, video tersebut tidak berkaitan dengan letusan Gunung Semeru. Kanal Youtube "T N" telah mengunggah video dengan judul Explosive Eruption of Sakurajima on November 12, 2019. Keterangan itu menyebutkan bahwa gesekan dari partikel abu yang berputar-putar menghasilkan petir. Situasi tersebut merupakan letusan Gunung Sakurajima. Jadi klaim letusan Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur, seperti keterangan pada video Tiktok "Farel Fahlevi" merupakan informasi yang salah.
Dengan demikian, fakta video akun Tiktok "Farel Fahlevi" tentang letusan Gunung Semeru tersebut adalah hoaks, isi video sebenarnya adalah erupsi di gunung Sakurajima di Jepang.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang salah. Faktanya, video tersebut merupakan letusan Gunung Sakurajima, di Jepang. Pada tanggal 12 November 2019.

Rujukan