(GFD-2022-11053) [SALAH] Surat Sosialisasi SINTA Versi 3 Oleh Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek

Sumber: I-Flyer
Tanggal publish: 27/11/2022

Berita

Beredar surat undangan mengenai sosialisasi SINTA versi 3 dengan nomor 0627/E5.3/HM.01.00/2022 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), yang disampaikan kepada Ketua STARKI. Dalam surat tersebut menyebutkan bahwa sosialisasi akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2022 di kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hasil Cek Fakta

Setelah ditelusuri, surat tersebut adalah palsu. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Kemendikbudristek RI melalui akun Instagramnya @humas.lldikti3 menegaskan bahwa surat yang beredar adalah tidak benar. Pihak Diktiristek menegaskan bahwa kegiatan workshop/pelatihan/ sosialisasi tidak dipungut biaya dan akan diumumkan melalui laman resmi seperti https://dikti.kemdikbud.go.id/, https://bima.kemdikbud.go.id/ dan https://arjuna.kemdikbud.go.id/.

Berdasarkan penjelasan di atas surat undangan mengenai Sosialisasi SINTA Versi 3 adalah hoaks dan masuk kategori konten tiruan.

Kesimpulan

hasil periksa fakta Rahmah an.

Surat palsu. Kegiatan seperti workshop/pelatihan/ sosialisasi tidak dipungut biaya dan akan diumumkan melalui laman resmi seperti https://dikti.kemdikbud.go.id/, https://bima.kemdikbud.go.id/ dan https://arjuna.kemdikbud.go.id/.

Rujukan