(GFD-2022-10958) Cek Fakta: Hoaks Kode Warna Sebagai Tanda Bahan Kandungan dalam Pasta Gigi

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 16/11/2022

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Beredar kembali di media sosial postingan mengenai kode warna yang menandakan bahan kandungan dalam pasta gigi. Postingan itu beredar sejak pekan ini.
Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 16 November 2022.
Berikut isi postingannya:
"Ternyata gak hanya salah pasangan aja yang bikin fatal.
Justru salah pilih pasta gigi pun bisa jadi masalah besar.
Yu belajar mengenal kode Pasta Gigi
Biru 👉 Alami+Obat
Hijau 👉 Alami
Merah 👉 Alami+Komposisi Kimia
Hitam 👉 Murni Kimia"
Lalu benarkah postingan mengenai kode warna yang menandakan bahan kandungan dalam pasta gigi?

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan klaim serupa sudah muncul pada tahun 2019 lalu. Liputan6.com menulisnya dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Hoaks soal Bahaya di Balik Kode Warna Hitam di Kemasan Pasta Gigi"
Di sana terdapat penjelasan yang dikutip dari Klikdokter.com bahwa kode warna yang terdapat pada ujung kemasan tidak ada hubungannya dengan kandungan bahan di dalam pasta gigi. Kode warna tersebut semata-mata hanya tanda (eye marks atau color marks).
Tujuan pemberian eye marks itu sendiri agar sensor pada mesin pembuat kemasan pasta gigi mengetahui di mana posisi yang tepat untuk memotong, melipat, dan menyegel (hotpress) kemasan dengan kecepatan yang tinggi.
Selain itu, kode warna tersebut juga berfungsi untuk membantu mesin mengetahui bagian atas dan bawah. Bagian atas berisi logo dan nama merk produk, sedangkan bagian bawah berisi informasi kandungan bahan didalamnya.
Selain itu Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel dari AFP Periksa Fakta. Di sana terdapat penjelasan dari Jonathan Kusu, seorang insinyur pengemasan di perusahaan kosmetik global Avon, mengatakan kepada AFP pada tahun 2019.
"Jika tabung berwarna cerah, segi empat akan berwarna hitam karena mesin perlu perbedaan warna yang kontras untuk mudah mendeteksinya. Sebaliknya, jika tabung berwarna gelap, akan dipakai tanda berwarna putih," ujarnya.

Kesimpulan


Postingan mengenai kode warna yang menandakan bahan kandungan dalam pasta gigi adalah tidak benar. Faktanya kode tersebut hanya sebagai penanda untuk pemotongan kemasan.

Rujukan