(GFD-2022-10945) [SALAH] BuzzeRp Diam Lihat Hutan Gundul

Sumber: Twitter.com
Tanggal publish: 09/11/2022

Berita

“BuzzRp Tiap Hari Radikal Radikul…?

BuzzeRp Tiap Hari Menghujat Ulama…?

BuzzeRp Tiap Hari Bawa Isu Arab Yaman….?

Tapi Pas Giliran Seperti ini, MEREKA DIAM SERIBU BAHASA !”

Hasil Cek Fakta

Akun Twitter dengan nama pengguna “sutanmangara” mengunggah sebuah foto hutan gundul. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan BuzzeRp yang selalu menghujat ulama diam ketika melihat hutan gundul.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto hutan gundul di Indonesia. Foto tersebut merupakan kondisi deforestasi di Sarawak, Malaysia dan tidak berkaitan dengan pemerintah Indonesia. Foto serupa dapat dilihat dalam artikel berjudul “Can Borneo’s Tribes Survive ‘Biggest Environmental Crime of Our Times’?” yang diunggah oleh National Geographic pada 10 Januari 2015.

Narasi serupa juga pernah beredar pada tahun 2021 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id pada 26 Agustus 2021 dengan judul artikel “[SALAH] Foto Penggundulan Hutan di Kalimantan Barat”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “sutanmangara” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan foto hutan gundul di Indonesia. Foto tersebut merupakan kondisi deforestasi di Sarawak, Malaysia dan tidak berkaitan dengan pemerintah Indonesia.

Rujukan