(GFD-2022-10905) [SALAH] Video “TANPA ROMPI PENGAMAN JOKOWI TINJAU LANGSUNG PULAU PASIR DI NTT”

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 07/11/2022

Berita

* “TANPA ROMPI PENGAMAN JOKOWI TINJAU LANGSUNG PULAU PASIR DI NTT” (di gambar pratinjau video).

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: video yang dibagikan menggunakan gambar pratinjau (thumbnail), potongan suara (audio) dan video dari beberapa peristiwa yang TIDAK berkaitan. Foto yang digunakan adalah foto ketika Jokowi memantau longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, digabungkan dengan foto sebuah Atol di sekitar Taman Nasional Komodo.

Salah satu video dengan segmen yang identik, KOMPASTV di YouTube pada 5 Jan 2020: “Presiden Jokowi memantau longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 5 Januari 2020. Presiden memantau longsor bersama dengan Kepala BNPB Doni Monardo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.”

Salah satu foto yang identik dengan foto yang digunakan untuk gambar pratinjau, Getty Images: “Komodo National Park Small Paradise Beach Atoll Islet. Drone view towards a small paradise Atoll Islet surrounded with coral reef under blue summer sky in the Komodo National Park. Tourist Tourboat cruising in the background along the island. Komodo National Park, Flores Sea, Labuan Bajo, East Nusa Tenggara – Flores, Indonesia, Southeast-Asia.”

Konteks yang benar di suara yang digunakan di video pada bagian “Jangan membangun permusuhan, sekali lagi jangan membangun permusuhan, tapi kalau diajak berantem juga berani”, KOMPAS.com pada 4 Agu 2018: “JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo meminta para relawannya untuk melakukan kampanye dengan cara yang baik pada pemilihan presiden 2019 mendatang. Kendati demikian, Jokowi juga meminta relawannya tidak takut apabila mendapat serangan dari lawan politik.”

Salah satu segmen yang identik dengan bagian “Saya kesini juga ingin memastikan penegakan hukum atas hak berdaulat kita”, CNN Indonesia di YouTube pada 8 Jan 2020: “Usai bertatap muka dengan nelayan di pulau Natuna, presiden Joko Widodo, meninjau kapal perang TNI AL yang bersandar di dermaga satuan TNI terpadu. Presiden sempat menaiki kapal KRI Usman Harun, didampingi panglima TNI dan Pangkogabwilhan 1.”

Konteks yang benar di bagian pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott*, The Sidney Morning Herald pada 4 Mar 2015: “Australia is unlikely to withdraw its ambassador from Indonesia if the Bali nine ringleaders Andrew Chan and Murano Sukumaran are executed in coming days, Foreign Minister Julie Bishop says.”

Kesimpulan

MENYESATKAN, FAKTA: menggunakan gambar pratinjau (thumbnail), potongan suara (audio) dan video dari beberapa peristiwa yang TIDAK berkaitan. Foto yang digunakan adalah foto ketika Jokowi memantau longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, digabungkan dengan foto sebuah Atol di sekitar Taman Nasional Komodo.

Rujukan