(GFD-2022-10878) Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Rusia Kerahkan 9000 Pasukan ke Perbatasan Indonesia-Australia

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 03/11/2022

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim Rusia mengerahkan 9000 pasukan ke perbatasan Indonesia-Australia beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 2 November 2022.
Dalam video berdurasi 7 menit itu memperlihatkan pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden Rusia, Vladmiri Putin. Keduanya terlihat duduk satu meja sambil membacakan pernyataan.
Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Rusia telah mengerahkan 9000 pasukan ke perbatasan Indonesia-Australia.
"Kiamat bagi australia..!! rusia kerahkan 9.000 pasukan ke perbatasan indonesia-australia-pulau pasir," tulis salah satu akun Facebook.
Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 155 ribu kali ditonton dan mendapat 797 komentar dari warganet.
Benarkah video tersebut Rusia telah mengerahkan 9000 pasukan ke perbatasan Indonesia-Australia? Berikut penelusurannya.
 

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim Rusia mengerahkan 9000 pasukan ke perbatasan Indonesia-Australia. Penelusuran mula-mula dilakukan dengan mencocokan gambar video pertemuan Jokowi dengan Putin.
Ternyata gambar video pertemuan Jokowi dan Putin itu terjadi pada Juni 2016 lalu. Ketika itu, Jokowi tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke Rusia.
Gambar pada video tersebut identik dengan video berjudul "Presiden Jokowi di Rusia" yang diunggah channel YouTube Presiden Joko Widodo pada 7 Juni 2016 lalu.
Berikut gambar tangkapan layarnya:
Pada kunjungan tersebut, Jokowi disambut Presiden Rusia, Vladimir Putin. Keduanya melakukan pertemuan empat mata dan dilanjutkan denga pertemuan bilateral Indonesia-Rusia di kediaman Putin, Bucherov Rucey, Sochi, Rusia.
Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan memasukkan kata kunci "rusia kerahkan 9000 pasukan ke perbatasan australia" di kolom pencarian Google Search.
Namun tidak ada informasi valid dari media arus utama yang mengabarkan kabar tersebut. Tidak ada juga laporan resmi mengenai Rusia yang telah mengirimkan 9000 pasukan ke perbatasan Indonesia-Australia.
 

Kesimpulan


Video yang diklaim Rusia mengerahkan 9000 pasukan ke perbatasan Indonesia-Australia ternyata tidak benar. Video tersebut tidak menampilkan informasi terkait pengerahan 9000 pasukan Rusia ke perbatasan Indonesia-Australia.
 

Rujukan