(GFD-2022-10839) [SALAH] “Kali Krukut sudah kembali bersih & rapi oleh Pak Gubernur Heru”

Sumber: twitter.com
Tanggal publish: 28/10/2022

Berita

NARASI: “Kali Krukut yg selama 5 tahun hitam, keruh & bau menyengat, sekarang sudah kembali bersih & rapi oleh Pak Gubernur Heru. 👍 👍

Video ini dibuat tgl 20 Okt 2022.”

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan video dengan menambahkan narasi yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: kegiatan yang dibagikan di video berlangsung SEBELUM Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mulai bertugas. Heru dilantik pada 17 Oktober 2022, sementara video yang dibagikan merekam kegiatan yang berlangsung pada 9 September – 15 Desember 2021.

Sumber video yang dibagikan oleh SUMBER, viralkreator di SnackVideo. [2]

Salah satu sumber video dengan konteks informasi yang benar, Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta di YouTube: “Sebagai upaya antisipasi dampak musim hujan, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta kembali melakukan program Gerebek Lumpur. Merupakan upaya pengerukan sedimen lumpur dan sampah menggunakan alat berat secara masif dan serentak di 5 (lima) wilayah Kota Jakarta. Salah satu wilayah pengerukan adalah Kali Krukut – Segmen Jl. Jend. Sudirman – Jl. Gatot Subroto Jakarta Selatan.” [3]

KOMPAS.com pada 30 September 2021: “JAKARTA, KOMPAS.com – Pemprov DKI Jakarta menggelar program gerebek lumpur untuk mengantisipasi banjir dampak musim hujan.

Jakarta Selatan

Lokasi: Kali Krukut – Segmen Jl. Jend. Sudirman – Jl. Gatot Subroto
Pengerjaan: 9 September 2021 – 15 Desember 2021.” [4]

Google Earth: “Jalan Gatot Subroto” [5]

Kesimpulan

MENYESATKAN, kegiatan yang dibagikan di video berlangsung SEBELUM Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mulai bertugas. FAKTA: Heru dilantik pada 17 Oktober 2022, sementara video yang dibagikan merekam kegiatan yang berlangsung pada 9 September – 15 Desember 2021.

Rujukan