(GFD-2022-10837) [SALAH] Broadcast Chat Lowongan Kerja Operator Produksi PT Astra Group

Sumber: whatsapp.com
Tanggal publish: 28/10/2022

Berita

Beredar sebuah pesan broadcasting di aplikasi pesan WhatsApp yang membagikan informasi lowongan pekerjaan di PT. Astra (Group), dalam pesan disebutkan bahwa lamaran lowongan kerja pada posisi Operator Produksi (OP) melalui Google Form pada link bit.ly/astragroupjobs.

Hasil Cek Fakta

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, Astra dan Astra Group hanya mempublikasi informasi lowongan kerja pada laman resmi career.astra.co.id dan berbagai sosial media resmi Astra. Kemudian melalui Kompas.com, Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk mengkonfirmasi bahwa pendaftaran lowongan kerja pada lingkungan Astra hanya dilakukan pada laman career.astra.co.id, tidak melalui Google Form atau link di luar laman resmi Astra Career.

Dengan demikian, Broadcast Chat Lowongan Kerja Operator Produksi PT Astra Group merupakan hoax dengan kategori Konten Palsu.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut salah, faktanya lowongan pekerjaan dari Astra dan Grup Astra tidak dipublikasi melalui broadcasting chat dan hanya dipublikasi pada laman resmi career.astra.co.id dan media sosial resmi. Pendaftaran lowongan kerja Astra dan Grup Astra hanya melalui career.astra.co.id, tidak melalui Google Form seperti dalam pesan hoax tersebut.

Rujukan