(GFD-2022-10830) [SALAH] Bahaya Menyebarkan Ucapan Selamat Dengan Gambar

Sumber: whatsapp.com
Tanggal publish: 27/10/2022

Berita

Beredar sebuah pesan berantai Whatsapp yang menjelaskan bahaya dari pengiriman ucapan selamat dalam bentuk gambar dan video karena digunakan untuk mencuri informasi pribadi, dan dilaporkan bahwa lebih dari 500.000 korban telah ditipu.

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, pesan berantai tersebut pernah beredar pada tahun 2018 serta kembali muncul pada 2020 dan merupakan informasi yang palsu.

Dilansir dari thelogicalindian.com pada artikel berjudul “Fact Check: Does Sending Good Morning Messages Expose One’s Private Banking Information?”, tidak ada peringatan resmi mengenai ancaman nyata ini dari Tim Tanggap Darurat Komputer India atau CERT-In . CERT-In di bawah Kementerian Teknologi Informasi bertugas melindungi orang India dari ancaman dunia maya.

Konten serupa sudah pernah beredar sebelumnya dan diverifikasi di laman turnbackhoax.id pada 18 Januari 2018 berujudul “[HOAX] BAHAYA MEMBERI UCAPAN SELAMAT DENGAN .GIF DI WHATSAPP”. Dengan demikian, informasi terkait bahaya pengucapan selamat dengan gambar dan video adalah tidak benar, sehingga masuk ke dalam kategori konten palsu.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Pesan berantai tersebut pernah beredar pada tahun 2018 serta kembali muncul pada tahun 2020 dan merupakan informasi yang palsu.

Rujukan