(GFD-2022-10792) Menyesatkan, Unggahan tentang Kecelakaan Bus Masuk Jurang pada Tahun 2022

Sumber: cekfakta.tempo.co
Tanggal publish: 24/10/2022

Berita


Sebuah tautan blog beredar melalui media sosial Facebook dengan narasi kecelakaan bus masuk jurang.
Blog itu memuat foto sejumlah orang berpakaian warna oranye dan biru berada di tepi jurang. Artikelnya berjudul ‘Kejadian Malam Ini, 11 Meninggal. Bus Ibu-ibu Senam Masuk ke Jurang. 3 Diantaranya hamil muda’.
Artikel tersebut mengisahkan tentang mobil minibus merk Isuzu jumbo masuk ke jurang Pantan Terong, mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan 11 orang luka-luka. 
Tangkapan layar laman blog yang menyebarkan informasi kecelakaan bus ibu-ibu senam
Tidak ada keterangan waktu kapan peristiwa itu terjadi. Di dalam artikel hanya menyebutkan bahwa tim BPBD Kabupaten Aceh Tengah dan polisi mengevakuasi korban untuk dibawa ke rumah sakit Datu Beru Takengon. Para korban merupakan ibu-ibu senam dari Kota Langsa menuju Aceh Tengah untuk berwisata.

Hasil Cek Fakta


Hasil verifikasi Tempo menunjukkan antara judul, foto, dan isi artikel tidak saling berkaitan. Foto yang diunggah merupakan kecelakaan di jalur Garut-Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, 11 Maret 2021.
Untuk memverifikasi kebenaran klaim tersebut, Tim Cek Fakta Tempo pertama-tama menelusuri gambar yang dilampirkan di dalam artikel itu menggunakan Yandex Image dan Google Search.
Foto yang diunggah pada blog tersebut tidak utuh, atau telah dipotong. Foto aslinya pernah dimuat oleh Kantor Berita Antara pada 11 Maret 2021. Antara memberikan keterangan, bahwa foto tersebut adalah tim Operasi dan Siaga Kantor Search and Rescue (SAR) Jawa Barat, saat mengevakuasi korban kecelakaan maut di jalur Garut-Sumedang via Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis, 11 Maret 2021.
Foto asli: Petugas mengevakuasi korban dari bus yang terperosok di jalur alternatif Garut-Sumedang via Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi
Kecelakaan tersebut menyebabkan 27 orang meninggal dunia dan 39 orang lainnya berhasil selamat meski mengalami luka-luka.
Peristiwa minibus merk Isuzu dengan nomor polisi BL 7554 FL masuk ke jurang di kawasan objek wisata Pantan Terong, Kabupaten Aceh Tengah, memang benar terjadi pada 21 Maret 2021. Namun jumlah korban meninggal dunia sebanyak 2 orang, bukan 11 orang seperti disebutkan pada judul berita.
Berita mengenai insiden tersebut pernah diterbitkan Serambinews dengan judul ‘Bus Rombongan Pengajian Terjun ke Jurang di Pantan Terong, Dua Penumpang Meninggal di Tempat. Tidak ada keterangan dalam berita itu bahwa 3 korban hamil muda.
Media tidak kredibel
Blog yang menerbitkan artikel tersebut tidak kredibel, karena situs ini tidak mencantumkan penanggung jawab media, susunan redaksi dan nomor kontak dan alamat perusahaan.
Padahal, ketentuan terkait ini diatur dalam Pasal 12 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers yang berbunyi "Perusahaan pers wajib mengumumkan nama, alamat, dan penanggung jawab secara terbuka melalui media yang bersangkutan; khusus untuk penerbitan pers ditambah nama dan alamat percetakan."
Bukan itu saja, dalam situs ini, tidak ditemukan Pedoman Pemberitaan Media Siber. Padahal, kewajiban untuk memuat Pedoman Pemberitaan Media Siber oleh perusahaan media juga tercantum dalam Pasal 8 Undang-Undang Pers.

Kesimpulan


Berdasarkan pemeriksaan fakta di atas, artikel berjudul 11 meninggal, bus ibu-ibu senam masuk jurang, 3 diantaranya wanita hamil adalah menyesatkan.
Antara judul, foto dan isi artikel tidak saling berkaitan. Foto yang diunggah tersebut merupakan peristiwa kecelakaan maut di jalur Garut-Sumedang via Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis, 11 Maret 2021. Kecelakaan minibus Isuzu di Aceh Tengah menyebabkan 2 orang tewas, bukan 11 orang. 

Rujukan