(GFD-2022-10760) [SALAH] Video “Aksi Kader Partai Nasdem Rame-Rame Melepaskan Atribut”

Sumber: twitter.com
Tanggal publish: 19/10/2022

Berita

Akun Twitter dengan nama pengguna “Rudyeff89758580” mengunggah sebuah video yang menunjukkan beberapa anggota partai tengah melepaskan seragam dan mengumpulkannya di sebuah kotak. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa orang-orang dalam video tersebut adalah kader Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video kader Partai NasDem. Faktanya, video tersebut merupakan video Ketua DPD Partai Demokrat Kepulauan Riau, Asnah, beserta dengan 50 persen pengurus Partai Demokrat wilayah Kepulauan Riau yang mengundurkan diri pada bulan Agustus 2022.

Video serupa yang diambil dari sudut yang berbeda juga dapat dilihat dalam video berjudul “ASNAH UNGKAP ALASAN MUNDUR DARI DPD DEMOKRAT KEPRI | U-NEWS” yang diunggah oleh kanal YouTube “Official UTV” pada 1 Agustus 2022.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “Rudyeff89758580” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan video kader Partai Nasional Demokrat. Faktanya, video tersebut merupakan video Ketua DPD dan 50 persen pengurus Partai Demokrat wilayah Kepulauan Riau.

Rujukan