(GFD-2022-10204) [SALAH] “Kronologis Peristiwa Hasil Klarifikasi dengan Ketiga Guru BK di SMAN 1 Banguntapan Oleh: LBH Muhammadiyyah”

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 11/08/2022

Berita

Akun Facebook Nurhakim Rohmatulloh (fb.com/100006198961660) pada 8 Agustus 2022 mengunggah sebuah postingan berisi narasi sebagai berikut:

“*Kronologis Peristiwa Hasil Klarifikasi dengan Ketiga Guru BK di SMAN 1 Banguntapan*
Oleh: *LBH Muhammadiyyah*

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran, adanya postingan yang diklaim sebagai “Kronologis Peristiwa Hasil Klarifikasi dengan Ketiga Guru BK di SMAN 1 Banguntapan Oleh: *LBH Muhammadiyyah” merupakan konten palsu.

Faktanya, LBH Muhammadiyah menegaskan pesan yang viral itu adalah hoax. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Muhammadiyah memastikan namanya dicatut dalam pesan viral di medsos soal kronologi hasil klarifikasi kasus hijab SMAN 1 Banguntapan, Bantul.

Dilansir dari iNewsYogya.id ketika dikonfirmasi, Direktur LBH PP Muhammadiyah, Taufiq Nugroho membantah jika LBH PP Muhammadiyah yang membuat unggahan tersebut. Taufik bahkan menandaskan jika apa yang dinarasikan dalam unggahan tersebut bukan sikap atau pernyataan resmi LBH Muhammadiyah.

“Itu bukan dari LBH PP Muhammadiyah. Hanya ulang oknum yang mengatasnamakan kami,” kata dia, Senin (8/8/2022).

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Muhammadiyah memastikan namanya dicatut dalam pesan viral di medsos soal kronologi hasil klarifikasi kasus hijab SMAN 1 Banguntapan, Bantul. LBH Muhammadiyah menegaskan pesan yang viral itu adalah hoax.

“Kami klarifikasi berita yang viral di medsos itu bukan dari LBH Muhammadiyah. Jadi setelah kami konfirmasi LBH Muhammadiyah di Jogja tidak ada yang mendampingi itu,” kata Direktur LBH Muhammadiyah Taufiq Nugroho saat dihubungi wartawan, Senin (8/8/2022).

Kesimpulan

LBH Muhammadiyah menegaskan pesan yang viral itu adalah hoax. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Muhammadiyah memastikan namanya dicatut dalam pesan viral di medsos soal kronologi hasil klarifikasi kasus hijab SMAN 1 Banguntapan, Bantul.

Rujukan