(GFD-2022-10095) [SALAH] Pertamina Bagi Subsidi Rp 3 Juta dengan Isi Kuesioner

Sumber: WhatsApp
Tanggal publish: 14/07/2022

Berita

Beredar di aplikasi percakapan pesan berantai yang mengklaim PT Pertamina membagikan subsidi energi sebesar Rp 3 juta. Pesan berantai itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

"http://carbonappalling.top/pertaminaid-yh/tb.php?"

Saat diklik link tersebut mengarah ke website dengan tulisan:

"Congratulations!Pertamina Government energy subsidies!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 3000000 Rupiah"

Hasil Cek Fakta

Pesan berantai serupa sudah berulang kali muncul di masyarakat. Namun pesan berantai itu selalu berganti alamat website maupun link untuk diklik.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan mengatakan, Pertamina tidak menerapkan mekanisme pembagian subsidi energi dengan mebagikan tautan dan mengisi kuesioner.

"Tidak ada yang seperti itu di Pertamina," kata Eko saat berbincang dengan Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Dalam website resmi PT Pertamina, Pertamina.com, mereka mengimbau masyarakat agar waspada terhadap penipuan undian yang mengatasnamakan Pertamina baik yang disampaikan melalui whatsapp, SMS maupun email.

Seluruh program promosi Pertamina disampaikan melalui saluran komunikasi resmi perusahaan yakni website www.pertamina.com, akun sosial media @pertamina.com serta aplikasi resmi MyPertamina.

Jika ada program promosi atau undian berhadiah yang disampaikan secara tertutup, maka dipastikan itu penipuan dan hoaks atau berita bohong, bukan dari Pertamina.

Kesimpulan

Pesan berantai yang mengklaim PT Pertamina membagikan subsidi energi Rp 3 juta adalah hoaks.

Rujukan