(GFD-2022-10036) [SALAH] “Orang Cina SIAP Perang dengan Pribumi dengan Senjata Replika”

Sumber: whatsapp.com
Tanggal publish: 24/06/2022

Berita

Beredar pesan di WhatsApp yang menyebarluaskan video TikTok dengan username @16evannw (Evan Nicholas) yang sedang berlatih Airsoft Gun. Pada pesan WhatsApp tersebut, tertulis bahwa video itu merupakan warga negara Tiongkok yang sedang mempersiapkan senjata replika untuk melawan pribumi, sebagai bentuk provokasi.

Hasil Cek Fakta

Setelah dilakukan penelusuran, Evan Nicholas merupakan WNI berumur 21 tahun. Dilansir dari beberapa unggahan di akun TikToknya, Evan Nicholas memang gemar bermain airsoft gun dan sudah menjadi rutinitas yang dilakukannya setiap hari Minggu.

Evan Nicholas tidak hanya gemar mengunggah videonya berlatih airsoft gun di TikTok, namun juga di Instagram dengan nama pengguna yang sama yaitu @16evannw.

Selain itu, situs Kuyou dan beberapa situs lain telah membahas biodata dan kegemaran Evan Nicholas di salah satu artikelnya, yang mengonfirmasi bahwa Evan memang warga negara Indonesia, bukan Tiongkok.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan di WhatsApp tersebut merupakan konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi palsu. Pria di video tersebut adalah WNI bernama Evan Nicholas yang gemar bermain airsoft gun, bukan WNA Tiongkok yang mempersiapkan senjata replika untuk melawan pribumi.

Rujukan